Berbagai Macam Kegunaan Bunga Rosella untuk Kesehatan


Toko Bunga Semarang Terbaik - Bunga rosella/rosela/roselle (Hibiscus sabdariffa L.) membawa fungsi untuk pencegahan penyakit. Menurut penelitian Ballitas Malang, bunga rosella, terutama berasal dari tanaman yang berkelopak bunga tidak tipis (juicy), jikalau rosela merah berguna untuk mencegah penyakit kanker dan radang.

Selain itu, bunga rosella juga berguna mengendalikan tekanan darah, melancarkan peredaran darah, dan melancarkan buang air besar.

Pohon rosella tumbuh berasal dari biji/benih bersama ketinggian yang dapat raih 3—5 mtr. dan juga mengeluarkan bunga nyaris sepanjang tahun. Bunga rosella berwarna cerah. Kelopak bunga atau kaliksnya berwarna merah gelap dan lebih tidak tipis kecuali dibandingkan bersama bunga raya/sepatu.

Bagian bunga rosella yang dapat diproses jadi makanan ialah kelopak bunganya (kaliks) yang membawa rasa masam.

Kelopak bunga rosella dapat disita sebagai bahan minuman fresh bersifat sirup dan the dan juga selai dan minuman. Kelopak bunga selanjutnya mengandung vitamin C, vitamin A, dan asam amino.
Asam amino yang dibutuhkan tubuh, 18 di antaranya terdapat di dalam kelopak bunga rosella, juga arginin dan legnin yang berperan di dalam proses peremajaan sel tubuh. Selain itu, rosella mengandung protein dan kalsium.

Daun muda rosella dapat juga dimakan sebagai ulam atau salad. Sementara, di Afrika, biji rosella dimakan sebab dipercaya mengandung minyak tertentu. Di Sudan, rosella diproses jadi minuman tradisional yang dinamakan karkadeh dan merupakan minuman kebangsaan orang Sudan.

Tumbuhan herba ini ternyata dapat berguna sebagai bahan antiseptik, penambah syahwat, dan agen astringen. Tanaman ini juga banyak digunakan di dalam pengobatan tradisional seperti batuk, ketidakhadaman (perut kembung), lesu, demam, tekanan perasaan, gusi berdarah (skurvi), dan mencegah penyakit hati. Di India, biji rosella digunakan untuk membuat sembuh penyakit kulit, kekurangan darah dan kelesuan.

Dari penelitian terbukti bahwa kelopak bunga rosella membawa efek antihipertensi, kram otot, dan anti-infeksi bakteri. Dalam eksperimen ditemukan juga bahwa ekstrak kelopak bunga rosella mengurangi efek alkohol pada tubuh, mencegah pembentukan batu ginjal, dan memperlambat pertumbuhan jamur/bakteri/parasit penyebab demam tinggi.

0 Response to "Berbagai Macam Kegunaan Bunga Rosella untuk Kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel