Bunga Mawar: Sejarah, Jenis Nya


Bunga Tangan - Bunga mawar adalah keliru satu style tanaman semak yang membawa bentuk unik. Nama bunga mawar sendiri diambil dari kata Rosa atau Rose yang menunjukan nama tempat asalnya. Jenis bunga ini mempunyai lebih dari 100 spesies yang tersebar di seluruh dunia.

Kebanyakan dari mereka tumbuh di belahan bumi anggota utara yang mempunyai udara sejuk. Pada umumnya, seluruh spesies tanaman semak bunga mawar mempunyai batang darun yang berduri. Tak hanya itu, tanaman ini terhitung mempunyai kemampuan untuk tumbuh sampai 5 meter.
Bahkan, tersedia pula style mawar yang tingginya capai 20 meter. Namun, mawar style ini amat sukar sekali ditemui gara-gara hidupnya yang merambat pada tanaman lain.

Sebagian besar spesies tanaman semak bunga mawar mempunyai panjang daun kurang lebih 4 sampai 15 Centimeter. Bentuk posisinya pun dua-dua berlawanan. Daun majemuk yang dimiliki oleh tanaman ini terdiri dari kurang lebih 3 sampai 13 anak daun dan daun stipula (penumpu).

Daun stipula tersebut mempunyai bentuk yang condong lonjong, tepinya beringgit, berduri pada batang, tulangnya menyirip dan ujung daunnya pun meruncing. Duri pada batang bunga mawar terdapat pada batang anggota bawah. Lebih tepatnya batang yang melekat pada tanah.

Tahukah anda, bahwa sesungguhnya tanaman bunga mawar bukanlah tanaman yang masuk kedalam kategori tanaman semak tropis. Kenapa demikian? Karena lebih dari satu besar dari style tanaman ini merontokan daunnya dikala musim semi. Namun, hal ini hanya ditunaikan oleh tanaman bunga mawar yang berada di asia.

Bunga ini mempunyai 5 helai daun mahkota. Terkecuali style bunga mawar sericayang hanya mempunyai 4 helai daun mahkota pada ujung bunganya. Jenis bunga mawar yang mempunyai 5 helai daun mahkota ialah bunga mawar merah, putih, biru, merah muda, kuning dan lebih dari satu style lainnya. Ovarinya pun terdapat pada anggota bawah daun mahkota dan daun kelopak.

Sejarah Bunga Mawar

Tak hanya bentuk bunganya  yang amat indah dan unik, ternyata bunga mawar ini mempunyai histori yang tak kalah indah dengan bentuknya. Percaya atau tidak bahwa sesungguhnya buga mawar telah tersedia sebelum manusia diciptakan

Bedasarkan bukti fosil yang tersimpan di di dalam monumen Monumen Nasional Florissant Fossil Colorado-Amerika Serikat, jejak bunga mawar pertama telah tersedia sejak kurang lebih 40 juta th. yang lalu.

Selain itu, ditemukan terhitung lebih dari satu fosil bunga mawar yang tersedia di Oregon dan Montana. Diperkirakan fosil bunga mawar tersebut telah berumur lebih dari 35 juta tahun. Hal ini makin dikuatkan dengan ditemukannya lebih dari satu fosil bunga tersebut di jerman dan yugoslavia.
Bunga mawar, saat ini bisa tumbuh dan berkemban baik di lebih dari satu tempat yang mempunyai iklim tropis. Dengan kata lain, ia akan tumbuh subur di negara yang mempunyai 4 musim. Namun, layaknya yang dikatakan diawal, style ini terhitung sering ditemukan di alam yang mempunyai suhu ekstrim layaknya Antartika dan Norwegia.

Jika kami beranjak kesebelah selatan, maka akan ditemukan mawar yang tumbuh liar di kawasan Afrika dan Meksiko. Diperkirakan terkandung lebih dari 150 spesies bunga mawar tumbuh subur dikawasan ini.

Budidaya kebun mawar sendiri diperkirakan baru di awali sejak 5.000 th. yang lalu. Hal ini ditandai dengan timbulnya perdaban baru Negri Mesir, China, Romawi, Yunani dan Fenisia. Namun, para pakar sepakat bahwasannya tanaman bunga mawar ini awalannya berasal dari Asia Tengah. Lebih tepatnya telah aja sejak 70 Juta th. lalu (pada zaman eosen).

Jenis Mawar Tertua

Jika diamati dari histori pertumbuhan bunga bawar, telah disebutkan bahwa terkandung bermacam macam spesies yang tersedia di bermacam penjuru dunia. Akan tapi tahukah anda? Bahwasannya tersedia spesies mawar yang telah teridentifikasi mempunyai umur kurang lebih 40 juta tahun.
Spesies bunga mawar ini adalah French Rose (Rossa Gallica) atau jika diambil kesimpulan kedalam bhs indonesia mempunyai arti mawar perancis . Jenis ini dianggap sebagai bunga mawar tertua di dunia.

Tapi tunggu dulu, walaupun nama tanaman ini mempunyai kandungan unsur kata French,ternyata style ini bukan berasal dari negara prancis. Pada kenyataannya, bunga ini belum bisa diidentifikasi asalnya. Bunga Rossa Galica ini banyak tumbuh di Eropa Tengah dan Selatan.

0 Response to "Bunga Mawar: Sejarah, Jenis Nya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel