Mengenal Aneka Jenis Penyakit Kelamin



A. Mengenal Aneka Jenis Penyakit Kelamin
Setiap manusia tentu menginginkan kehidupan yang sehat dan bugar sepanjang hidupnya. Kesehatan diakui sebagai harta yang paling bernilai dan karunia paling istimewa berasal dari Sang Maha Kuasa.
Karena itu perlu bagi tiap-tiap insan, baik pria maupun wanita untuk selalu menjaga anugrah dan nikmat terbaik ini.

Sayangnya, tidak selalu manusia didalam kondisi sehat. Selalu tersedia ancaman penyakit baik berasal dari kondisi lingkungan, tipe hidup, tingkah laku individu dan pergaulan sehari-hari.
Salah satu type penyakit yang lumayan mengganggu dan membahayakan kami adalah penyakit kelamin. Biasa disebut dengan PMS (Penyakit Menular Seksual) atau IMS (Infeksi Menular Seksual).

Dunia kedokteran mengetahui tersedia begitu banyak type penyakit kelamin yang dapat menyerang pria maupun wanita.  Korbannya dapat berasal dari kalangan orang dewasa, remaja, orang tua/manula, bahkan anak-anak dan bayi-balita.

Penyakit kelamin ini umumnya diakibatkan oleh infeksi kuman, bakteri & virus yang menyerang organ kelamin/alat vital/genital penderita. Selain itu terhitung dapat menginfeksi anggota tubuh lainnya layaknya mulut, anus, muka dan kulit.

Mengingat penularan/penyebarannya yang lumayan cepat dan serius serta dampak negatifnya yang lumayan membahayakan, maka kami mesti mengenali, mencegah, dan mendukung perawatan atau menanganinya sejak dini.

B. Aneka Jenis Penyakit Kelamin

1. Kutil Kelamin
Kutil Kelamin adalah salah satu type penyakit kelamin yang lazim dijumpai di masyarakat. Meskipun tidak seluruh penderita sudi terbuka mengakuinya.

Penyakit ini mudah dikenali berasal dari munculnya daging tumbuh tidak beraturan berbentuk benjolan-benjolan kecil, kutil, dan gelambir di area sekitar organ kelamin/genital dan anus penderita.
Selain itu kutil kelamin terhitung akan membuat gatal-gatal di area yang terinfeksi (organ seksual, area kelamin dan selangkangan).

Pada pria kutil dapat nampak di anggota batang dan ujung/kepala penis, anus, serta buah pelir (kantong zakar). Pada wanita, kutil kelamin dapat tumbuh di anggota dinding vagina, leher rahim, vulva, dan kulit di antara lubang vagina dan lubang anus.

Selain di area organ vital/area genital, kutil kelamin terhitung dapat nampak didalam mulut dan kerongkongan/tenggorokan penderita yang laksanakan seks oral dengan penderita terinfeksi. 

Lihat Juga : Obat Kutil Kelamin Di Apotik

2. Sipilis Raja Singa
Sipilis/sifilis atau raja singa adalah salah satu penyakit kelamin yang lumayan lazim ditemui dan dikenal penduduk luas.

Penyakit ini timbul akibat infeksi bakteri bernama Spiroset Treponema Pallidum. Sipilis mudah menyebar/menular lewat jalinan seksual/intim dan transfer cairan didalam tubuh layaknya transfusi darah dan ibu hamil kepada bayinya.

Penyakit kelamin ini ditandai dengan keluarnya cairan tidak normal berwarna putih kehijauan berasal dari alat vital/genital penderita. Selain itu terhitung akan timbul rasa gatal dan nyeri saat membuang air kecil dan selagi berhubungan intim/seksual.

Sipilis atau raja singa sebaiknya tidak diakui remeh, sebab tidak cuman dapat menyebabkan kerusakan alat kelamin, terhitung dapat menginfeksi dan menggerogoti organ tubuh yang lain layaknya syarat, otak, mata, tulang, dan lain-lain.

Sistem kekebalan tubuh pun ikut terkena dampak negatifnya. Dalam jangka panjang apabila tidak diobati dengan serius, maka sipilis berpotensi membuat cacat bahkan membunuh penderitanya. 

3. Gonore Atau Kencing Nanah
Gonore/Gonorhea atau biasa dikenal penduduk sebagai penyakit kencing nanah, adalah type penyakit kelamin yang disebabkan oleh infeksi bakteri bernama Gonococcus atau Neisseria Gonorrhoeae.

Penyakit kelamin ini dapat menimpa siapa saja baik pria maupun wanita yang laksanakan seks bebas tanpa pengaman dan tanpa higienitas yang tinggi.

Gonore atau kencing nanah dapat menyerang alat kelamin, area genital, anus/dubur, leher rahim/serviks, saluran kencing/uretra bahkan hingga mata dan tenggorokan pun dapat diinfeksi.
Penyakit kelamin ini berpotensi tinggi membuat kemandulan sebab menyebabkan kerusakan sel-sel sperma dan ovum penderita.

Ciri-ciri atau isyarat kamu menderita gonore menyadari mulai sekitar 14-15 hari pasca kamu terinfeksi. Diantara gejala umumnya adalah rasa panas dan terbakar saat kencing/buang air kecil. 
Selanjutnya penderita akan kerap kali pipis, tersedia bengkak dan sakit terhadap alat kelamin (penis atau vagina), serta nampak nanah berasal dari genital/alat penting penderita. Cairan nanah ini kental, berwarna putih dan berbau amis. 

4. Herpes Simplex Genital & Oral
Herpes simplex adalah type penyakit kelamin yang diakibatkan oleh infeksi virus yang dapat dibagi jadi dua type yakni HSV-1 atau herpes oral, dan HSV-2 atau herpes genital.

Herpes oral menginfeksi kulit area sekitar mulut layaknya bibir dan pipi, namun herpes genital menginfeksi kulit area sekitar kelamin (alat vital).

Penyakit kelamin ini mudah ditandai dengan munculnya luka lepuh melendung yang memuat cairan. Luka lepuh ini mulai nyeri dan sakit. Bila luka layaknya terbakar ini pecah maka isikan cairan dapat dapat menyebar ke sekitarnya supaya infeksi dapat meluas/melebar.

Herpes simplex baik oral maupun genital dapat menular lewat sekresi mulut dan luka terhadap kulit. Herpes menyebar lewat ciuman dan jalinan seks dengan penderita. Selain itu terhitung dapat menular lewat penggunaan sikat gigi dan peralatan makan penderita.

Penyakit kelamin ini mudah menginfeksi apabila daya tahan tubuh (daya imunitas) penderita tengah turun. Hal ini layaknya tengah kelelahan, tengah sakit, stres fisik dan tekanan emosional, imuno supresi, trauma terhadap area kulit dan haid.

5. Gatal-Gatal di Selangkangan dan Kemaluan

Penyakit kelamin seterusnya yang terhitung lazim di diketahui penduduk adalah gatal-gatal di selangkangan dan kemaluan. Penyakit kelamin ini umumnya diakibatkan oleh infeksi jamur di anggota terluar kulit di area selangkangan dan organ penting baik pria dan wanita.

Seperti kami ketahui bersama, area genitalia/kemaluan adalah area yang kerap tertutup, gelap, lembab dan hangat. Kondisi ini merupakan kondisi ideal tumbuhnya jamur yang membuat gatal-gatal, utamanya apabila kebersihannya kurang dijaga.

Area selangkangan yang umumnya kerap terjangkiti gatal akibat jamur ini adalah paha atas, bokong, kemaluan, lipatan kulit dan area atas alat penting (bawah pusar).

Infeksi jamur ini tidak cuman membuat gatal-gatal yang membuat risih dan tidak nyaman, terhitung dapat membuat rasa perih dan nyeri utamanya apabila kerap digaruk.

Faktor utama penyababnya tidak lain adalah aspek higienitas yang rendah, kurang bersih didalam bersuci, kerap kotor dan lembab, iritasi akibat busana didalam yang terlalu ketat serta adanya infeksi bakteri terhadap penis dan vagina.

0 Response to "Mengenal Aneka Jenis Penyakit Kelamin "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel