Mengenal Gudeg Makanan Khas Indonesia



Siapa lho yang tidak menyadari gudeg? Makanan khas asal Indonesia yang enteng ditemui dari penjual keliling, pedagang kaki lima hingga sekelas restoran. Tapi tahukah anda bahwa mengakibatkan gudeg itu perlu kesabaran dan saat yang lama untuk beroleh cita rasa yang maknyuss. Pengen lebih kenal lebih didalam mengenai gudeg? Yuk review artikel ini.

Apa Itu Gudeg ?

Gudeg merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gudeg pembuatannya memanfaatkan nangka muda yang dimasak bersama santan. Memang dibutuhkan saat berjam jam untuk memasak gudeg. Warna coklat terhadap gudeg dihasilkan dari daun jati yang dimasak bersama bersama nangka muda.

Asal Usul Gudeg

Masih simpang siur mengenai asal usul gudeg dan kapan gudeg ditemukan. Ada lebih dari satu versi mengenai asal usul gudeg. Yang menyadari adalah gudeg memang makanan khas dari Yogyakarta. Ada yang menjelaskan bahwa gudeg berasal dari didalam keraton Yogyakarta. Anggapan bahwa gudeg berkembang dari didalam Keraton Yogyakarta kerap didasarkan terhadap makanan kegemaran keluarga Kraton yaitu gudeg manggar. Manggar adalah akan buah atau putik bunga kelapa. Dibanding gudeg biasa yang terbuat dari nangka muda, gudeg manggar relatif lebih kesulitan dijumpai dan pembuatnya pun hanya orang-orang tertentu.

Ada terhitung yang beranggapan bahwa asal usul gudeg berawal dari zaman penjajahan dikala para budak Belanda menghalangi makanan kepada mereka. Karena terhadap saat itu nangka muda enteng untuk diperoleh maka dikala mereka lapar, nangka muda pun dimasak. Dari situ terdapat kenikmatan yang luar biasa dikala nangka muda jadi kerap dimasak jadi rasanya nikmat.

Ada terhitung yang beranggapan bahwa gudeg berawal dari kata It’s good, Dek! Alkisah seorang bule yang menikahi wanita pribumi alias orang Jawa meminta untuk dibuatkan masakan nangka muda. Nah, dikala si bule itu merasakan rasa yang enak, dia bilang kepada istrinya, It’s good, Dek!. Nah terhadap saat itu untuk memudahkan menyebut masakan nangka muda dinamai lah gudeg. Good Dek.. Lucu yaa!!!

Ada satu kembali yang menarik, apakah pohon nangka serupa nangka muda (gori) itu sama? Kemaren sempet pulang ke kampung halaman dan bertanya kepada nenek. Ternyata pohonnya berbeda. Perbedaannya belum sempat lihat secara live, sebab yang dirumah hanya tersedia pohon nangka. Yang menyadari terhadap buahnya, gori lebih banyak durinya dibandingkan bersama buah nangka.

Kalau anda mampir ke Yogyakarta anda dapat datang ke area area gudeg kondang dan enak. Cumibunting dulu menuliskan artikel mengenai area makanan gudeg di Yogyakarta

0 Response to "Mengenal Gudeg Makanan Khas Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel