Apakah Bordir dan Sulam yang Berbeda?


Asal Usul Bordir ato Sejarah Bordir Pertama Kali di Indonesia?
Bagi kita yang masih sekolah pasti ga asing bersama bordir bukan?
Karna kita sering menggunakannya untuk membordir nama kita pada seragam. Tapi ga hanya anak sekolah saja yang akrab bersama bordir. Kaum wanita tentu sangat akrab bersama hal ini. Kita sering menemukannya pada kebaya ato baju wanita bukan?

Banyak baju wanita yang mengaplikasikan bordir sebagai hiasan. Ga hanya diaplikasikan ke baju saja. Bordir termasuk sekarang kembali sering dijadikan sebagai hiasan celana jeans. Bahkan dijadikan hiasan untuk tas kulit ato jaket.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Bordir?
Pengertian bordir adalah sebuah tehnik benang yang dijalinkan pada kain ato kulit. Sedangkan obyek bordir adalah untuk membentk sebuah motif sebagai penghias. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia bordir adalah hiasan dari benang yang dijahitkan pada kain. Sebenernya pengertian bordir disita dari makna dalam bahasa Inggris embroidery yang bermakna sulaman.

Apakah Bordir dan Sulam Berbeda?
Sebenernya, bordir dan sulam adalah makna yang sama. Yaitu hiasan dari benang yang dijahitkan pada kain. Hingga sekarang orang-orang barangkali termasuk Kita mengira bahwa bordir dan sulam adalah 2 hal yang berbeda. Padahal yang membedakan hanyalah tehnik yang digunakan dalam prosesnya. Bordir merupakan tehnik menghias bersama benang memakai mesin.
Sedangkan sulam memakai tangan dalam pengerjaannya. Bordir seringkali digunakan untuk bordir baju, bordir kaos, bordir kostum futsal, bordir kostum bola,  bordir jaket, bordir topi, dan bordir seragam. Buat yang promosi bordir bersama harga merakyat umumnya kejar pasar bordir baju murah dan bordir kaos murah.

Lihat Juga : Jasa Bordir Komputer Jakarta

Perbedaan Sulam dan Bordir Berdasarkan Macam dan Jenis Tusuk
Selain itu macam-macam tusuk yang digunakan pun berbeda. Berikut tehnik tusuk yang membedakan sulam bersama bordir, yaitu:
1.Tusuk Balik ato Tikam Jejak
Teknik bordir ini sering digunakan untuk mengakibatkan tangkai. Ato membentuk  sebuah garis dan digunakan dalam menjahit lipatan dan untuk menyambung kain.
2.Tusuk Batang ato Tangkai
Teknik bordir ini selalu digunakan untuk mebuat batang, ranting ato sebagai pengisi bidang.
3.Tusuk rumani
Teknik bordir ini biasa digunakan untuk mengakibatkan daun dan juga bunga-bunga ato digunakan untuk bentuk bidang yang panjang.
4.Tusuk Veston
Teknik bordir ini sering untuk mengakibatkan bunga dan  lubang kancing. Selain itu Teknik bordir ini digunakan untuk memperkuat dan juga menghias anggota tepi kain.
5.Tusuk Bunga
Dari namanya saja kita pasti udah bisa menebak bahwa Teknik bordir ini sering digunakan untuk mengakibatkan bentuk bunga.
6.Tusuk Rantai
Sedangkan tehnik bordir ini seringkali digunakan untuk mengakibatkan garis pembatas. Ato biasa digunakan untuk mengakibatkan dahan dan ranting
7.Tusuk Datar
Jenis bordir ini biasa digunakan untuk membikin bentuk bunga, daun, dan juga isikan bidang
8.Tusuk Flanel
Ini dia salah satu tehnik yang sering digunakan untuk mengakibatkan hiasan tepi dan juga garis pembatas.
9.Tusuk Daun
Dari namanya saja kita pasti udah bisa menebak bahwa Teknik bordir ini sering digunakan untuk mengakibatkan daun
10.Tusuk Bullion
Macam bordir ini sering digunakan untuk mengakibatkan bentuk bunga kecil dan hiasan bulir-buliran.
11.Tusuk Lurus
Kalo cara bordir ini bisa digunakan untuk membentuk bunga dan juga rumput
12.Tusuk Satin
Teknik bordir ini bisa digunakan untuk mengakibatkan helaian daun dan juga bermacam macam bentuk bebas lainnya.
13.Tusuk Jelujur
Teknik bordir ini bisa digunakan untuk membentuk garis.gahanya itu Teknik bordir ini juga digunakan untuk menjelujur kelanjutan dan juga lipatan kain.

Sedangkan pada bordir bersama memakai mesin. Hanya sedikit punyai variasi tipe tusuk yang lebih sedikit. Berikut macam-macam tipe tusukan pada bordir :
1.Tusuk lurus.
Cara bordir ini termasuk terdapat pada sulaman bersama memakai tanga. Teknik bordir ini sering digunakan untuk mengakibatkan kerangka motif sebelum akan sistem bordir.gahanya itu ini termasuk bisa digunakan untuk mengakibatkan isian pada motif. Bisa termasuk sebagai pengisi bidang yang lebar dan juga mengakibatkan motif yang berwujud garis layaknya garis lurus ato lengkung
2.Tusuk Zig-zag
Macam bordir ini biasa digunakan untuk bermacam macam bentuk motif. Bisa digunakan untuk membentuk garis, bentuk flora fauna, bentuk geometris, dan juga bentuk lainnya.
Selain 15 tipe bordir diatas bordir termasuk masih punyai tipe yang lain yaitu bordir towel ato handuk, bordir aplikasi dan bordir timbul.
Apa yang Membedakan Ketiga Jenis Bordir Diatas?

Bordir towel punyai tekstur layaknya handuk, sehinggagaheran kalau dinamakan bordir towel/ handuk. Bordir ini biasa digunakan untuk hiasan jaket varsity. Sedangkan Bordir Aplikasi merupakan penambahn kain pada bordir.
Kemudian direkatkan bersama bordir jumping pada segi kain. Biasanya diaplikasikan ke kain felt, wp, oscar, parasit, laken, kulit, dan lain sebagainnya. Untuk bordir timbul merupakan tipe bordir yang banyak di aplikasikan ke topi. Jenis bordir ini punyai ciri khas hasil akhir yang Nampak keluar ato timbul.

Apakah Semua Jenis Kain Bisa Media Dasar Untuk Bordir?
Mungkin pertanyaan ini sempat terlintas dipikiran kita, apakah bordir bisa di aplikasikan untuk seluruh tipe kain. Dan jawabannya tentu saja bisa. Karna bordir yang merupakan penghias kain berbahan dasar benang. Sehingga bordir bisa di aplikasikan kemana saja. Bahkan sudah banyak tipe tas yang mengaplikasikan bordiran sebagi penghias tas.
Bordir termasuk seringkali digunakan untuk bordir baju, bordir kaos, bordir kostum futsal, bordir baju murah, bordir kaos murah, bordir jaket, bordir kostum bola,  bordir topi, bordir seragam. Selain sebagai penghias, bordir termasuk bisa dipakai untuk penamaan pada seragam.

Apakah Semua Bordir Menggunakan Mesin yang Sama?
Seperti yang Kita ketahui bahwa mesin bordir merupakan alat untuk mengakibatkan hiasan. Mesin ini sering digunakan untuk bordir baju, bordir kaos, bordir kostum futsal, bordir baju murah, bordir kaos murah, bordir jaket, bordir kostum bola,  bordir topi, bordir seragam. Dengan memakai bahan dasar benang sertan pola spesifik diatas kain.

Darimanakah Asal Mesin Bordir Pertama Kali?
Ternyata mesin bordir pertama dikembangkan pada pertengahan abad ke-19. Walaupun sebenernya bordir udah sejak lama ditemukan dan terlihat pertama kali th. 330 seudah masehi. Karna sebenernya pada zaman dulu manusi purba sudah mengenal bordir. Mereka menggunkan bordir untuk menghias baju kulit mereka.
Makanya sampe sekarang kain bordir adalah peninggalan histori yang berharga. Proses membordir itu mesti kecermatan lebih seorang pengrajin dalam pembuatannya. Karna seni bordir termasuk punyai ciri khasnya tiap-tiap tiap negara.

Asal Usul Bordir ato Sejarah Bordir Pertama Kali di Indonesia?
Ternyata bordir sudah lama masuk ke Indonesia. Sejak th. 1920 Indonesia udah mulai mengakibatkan bersama memakai bingkai kayu dan mesin jahit manual. Kemudian mesin ini digerakkan bersama kaki sebagai peralatan utama dalam membordir. Mesin ini udah mampu mengakibatkan bordir baju, bordir kaos, bordir kostum futsal, bordir baju murah, bordir kaos murah, bordir jaket,  bordir kostum bola,  bordir topi, bordir seragam.

Dan hingga sekarang pembuatan motif bordir masih banyak memakai mesin jahit manual. Mesin ini masih sering digunakan oleh para pengrajin baju bordir untuk selesaikan pesan jaket bordir, pesan topi bordir, pesan kaos bordir. Bahkan para pengrajin di Bandung tepatnya wilayah Soreang dan juga Kota Tasikmalaya masih menggunakannya. Bahkan di beberapa wilayah Indonesia pun masih banyak menggunakannya.

Para pengrajin selanjutnya menjadikan product bordir sebagai product unggulan mereka. Karna industri ini menjanjikan dan juga mengimbuhkan banyak kemajuan bagik masyarakat daerah setempat. Walaupun mesin yang mereka memakai adalah mesin manual. Tapi ini gamenghambat kreatifitas dan turunkan kualitas product mereka. Mereka apalagi berani terima order pesan jaket bordir, pesan topi bordir, pesan kaos bordir.

0 Response to "Apakah Bordir dan Sulam yang Berbeda?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel