Kaki anak berbentuk O? Kenali 4 penyebab dan cara mengatasinya


Supplier Kaos Kaki Bayi - Beberapa anak sering miliki wujud kaki O (bowlegs) atau kaki yang terlihat melengkung ke arah dalam. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?
Ketika anak jadi beranjak balita, kapabilitas berjalannya makin lama meningkat. Namun selagi ia jadi berjalan, Anda mungkin jadi mengerti ada suatu hal yang aneh dari wujud kakinya. Yup, wujud kaki anak terlihat melengkung kearah dalam atau membentuk layaknya huruf “O”, atau yang biasa disebut dengan bowlegs?
Anda mungkin sempat kuatir lihat perihal ini. Saat masih bayi, lebih dari satu orangtua mungkin akan laksanakan cara-cara yang diakui dapat mengatasi bowlegs, seperti bedong misalnya. Sebelum mengkaji solusinya, yuk kenali dulu apa itu bowlegs atau wujud kaki O!
Mengenal suasana kaki O atau bowlegs
Kaki O umumnya dialami anak-anak, lebih-lebih sampai umur 2 tahun. Kondisi ini dapat saja dialami sampai dewasa. Jika telah parah, penderita apalagi akan memperlihatkan wujud lutut yang menjorok ke samping, dan model berjalannya termasuk tidak stabil. Masalahnya dapat terjadi terhadap satu atau termasuk ke-2 kaki.
Apa saja penyebab terbentuknya kaki O?
  • Biasanya, kaki O baru diketahui selagi si kecil jadi berdiri dan berjalan. Penekanan yang terjadi di dalam rahim selagi si kecil dalam posisi membungkukkan kaki dapat jadi keliru satu penyebabnya, mesikipun perihal ini banyak tidak diperhatikan oleh orangtua.
  • Penyebab tersering ke-2 yang paling lazim dapat sebab penyakit Blount, atau tibia vara. Dalam suasana ini, satu sisi tulang kaki tumbuh tidak normal. Anak yang mengalami penyakit ini tidak dapat miliki kaki dengan wujud normal selagi beranjak dewasa.
  • Dalam lebih dari satu persoalan yang jarang terjadi, wujud kaki O dapat terjadi sebab kekurangan vitamin (ricket) dan gizi. Biasanya mereka kekurangan kalsium, fosfor, serta asupan vitamin D.
  • Radang sendi, trauma, infeksi, tumor, atau penyakit tulang.
Apa saja gejalanya?
Bowleg normalnya dapat membaik sejalan waktu. Saat sistem penyembuhan, lebih dari satu anak dengan kaki O umumnya akan lewat periode “genu valgum” atau kaki berwujud X, sebelum saat kaki mereka kelanjutannya lurus dengan sempurna. Jika bowlegs memburuk setelah umur 2 tahun, perihal ini pasti mesti diobservasi. Apalagi terkecuali lengkungannya sangat ekstrim, terkecuali hanya dialami satu sisi kaki saja, atau terkecuali si kecil tidak tumbuh dengan normal.
Berapa lama akan dialami anak?
Bentuk kaki O dapat sangat terlihat terhadap umur 2 tahun. Namun, mereka umumnya akan terus membaik selama lebih dari satu th. kemudian. Lebih dari 95 prosen dari mereka dengan bowlegs fisiologis dapat berkembang normal terhadap jaman remaja tanpa pengobatan.
Bagaimana tanda-tandanya?
Bentuk kaki akan berubah perlahan-lahan selama jaman kanak-kanak. Mereka mesti dipantau dengan  ketat terhadap tiap tiap kontrol fisik yang rutin. Jika ada gejala yang mengkhawatirkan, evaluasi melalui  x-ray umumnya akan dilakukan.

Bagaimana cara penangannya?
Bowlegs fisiologis umumnya tidak memerlukan perawatan sama sekali. Namun terkecuali penyebabnya adalah penyakit Blount, barulah umumnya memerlukan perawatan, jadi dari terapi sampai operasi. Tergantung dari suasana masing-masing anak.
Bagaimana cara mencegahnya?
Berbagai perihal yang mempersempit ruang gerak di dalam rahim dapat jadi penyebab terjadinya wujud kaki O, layaknya obesitas terhadap bayi jika yang dapat memperparah lengkungan kaki bayi di dalam rahim.
Karena itu, sangat penting untuk pertahankan berat badan normal Anda dan janin selagi hamil. Selain itu, penuhi asupan kalsium dan vitamin D selama hamil termasuk baik bagi pertumbuhan janin untuk mengurangi risikonya.

0 Response to "Kaki anak berbentuk O? Kenali 4 penyebab dan cara mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel