Bunga Melati Lambang Kesucian nan Sederhana


Jual Bunga Duka Cita Pluit - Bunga Melati lambang kesucian nan simple apalagi dengan warna putih dan bau harumnya. Karenanya bunga Melati kerap dikaitkan dengan beraneka normalitas di beraneka area di Indonesia. Bahkan keliru satu spesiesnya yakni Melati Putih ditetapkan sebagai puspa bangsa, satu dari tiga bunga nasional Indonesia.

Melati merupakan sekumpulan tanaman perdu yang dikelompokkan didalam gebus Jasminum. Bunga berbau harum yang jadi lambang kesucian dan kemurnian ini terdiri atas lebih dari 200-an type yang tersebar di seluruh dunia. Beberapa type diantaranya sudah dibudidayakan manusia.

Di Indonesia, bunga Melati dikenal luas dengan beraneka nama area layaknya Meulu cutatau Meulu China (Aceh), Menyuru (Banda), Menuh (Bali), Mundu (Bima dan Sumbawa), Melur atau Melor (Gayo dan Batak Karo), Menur, Mlati, atau Melati (Jawa dan Sunda), Malete (Madura), dan Manyora (Timor). Di Inggris bunga ini dikenal sebagai Jasmine, sesuai dengan nama genus bunga ini, Jasminum.

Ciri-ciri dan Jenis Melati. Melati merupakan tanaman perdu, berbatang tegak merayap, dan hidup menahun. Daunnya hijau, berwujud membulat. Bunganya berukuran kecil, kebanyakan berwarna putih, berbau harum dengan mahkota bunga selapis atau menumpuk.

Tanaman dengan aroma wangi dan jadi lambang kesucian ini berasal dari Asia Selatan dan tersebar hampir di seluruh dunia juga di Indonesia. Tiap spesies memiliki habitat yang berbeda, tapi secara lazim melati menyukai habitat beriklim tropis pada area dataran rendah hingga ketinggian 1.600 mtr. dpl.

Bunga Melati yang simple tapi wangi
Meski cuma sedikit (sekitar 9 type saja) yang biasa dibudidayakan, bunga melati memiliki banyak spesies. Jumlah jenisnya raih 200-an spesies yang sebagian besar tetap tumbuh meliar di hutan-hutan.

Beberapa spesies yang tenar di Indonesia diantaranya adalah:

• Melati Putih, Melati Air (Jasminum sambac)
• Melati Gambir (Jasminum pubescens)
• Melati Gambir, Melati Hutan, Star Jasmine (Jasminum multiflora)
• Melati Raja, King Jasmine (Jasminum rex)

Manfaat, Makna dan Filosofi Melati. Bunga melati mempunya beraneka fungsi mulai sebagai bunga tabur, bahan pembuatan minyak wangi, kosmetika, farmasi, karangan bunga, campuran teh hingga jadi tanaman obat.

Selain itu bunga melati juga kerap jadi alat pelengkap beraneka normalitas yang terdapat di beraneka area di Indonesia layaknya didalam upacara perkawinan.

Eratnya beraneka normalitas di nusantara yang berkaitan dengan bunga melati tidak terlepas dari makna filosofis bunga melati yang melambangkan kesederhanaan. Ini muncul dari sosok tanaman melati yang sederhana, tumbuh meliar dan membawa bunga yang kecil seakan melambangkan kesederhaan.

Warnanya yang putih bersih dan juga tidak mencolok, bunga ini melambangkan kesucian dan keelokan budi. Bunga Melati mengeluarkan aroma harum yang lembut dan tidak menusuk hidung mengimbuhkan makna dan kesan lembut, nyaman, dan tenang. Di samping itu, tumbuhan ini dapat tumbuh dengan ringan tanpa butuh perawatan yang rumit dan berbunga sepanjang tahun.
Karena itu pula tidak mengherankan kalau kemudian keliru satu type bunga melati yakni Melati Putih (Jasminum sambac) ditetapakan sebagai puspa bangsa, satu dari tiga bunga nasional Indonesia, berdasarkan Kepres Nomor 4 Tahun 1993.

Dan saya adalah orang yang selamanya terpikat dengan kesederhanaan bunga melati yang sekaligus menebarkan kesucian yang harum. Bagaimana dengan sobat?.

0 Response to "Bunga Melati Lambang Kesucian nan Sederhana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel